Apa Yang Perlu Dilakukan Sebelum Operasi Jantung

Apa Yang Perlu Dilakukan Sebelum Operasi Jantung

Bypass jantung sudah sejak lama digunakan untuk mengobati jantung korone, terlebih jika kondisinya sudah tidak dapat diatasi dengan pemasangan ring. Tahapan tersebut tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena memiliki resiko yang besar. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan operasi bypass jantung. Berikut penjelasannya.

Hal Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Operasi By pass Jantung

  1. Menghindari Makanan Dan Minuman Yang Dilarang Dokter

Orang yang hendak melakukan operasi bypass harus mengikuti setiap saran yang diberikan dokter, termasuk hidangan yang boleh dimakan dan diminum. Hal ini penting karena setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan dampak tersentu. Biasanya makanan makanan tersebut adalah yang mengandung banyak gula dan lemak.

Ada baiknya bagi anda untuk mengkonsumsi makanan sehat sebelum operasi. Jauhi pula minuman  yang mengandung alkohol dan soda. Hindari pula kebiasaan minum kopi sementara waktu. Kandungan kafein yang terdapat di dalamnya kurang baik untuk tubuh. Sebaliknya, perbanyak minum air putih karena minuman tersebut jauh lebih sehat.

baca juga : https://kanaanglobal.net/kondisi-penderita-jantung-koroner-yang-memerlukan-operasi/

  1. Menjalani Berbagai Tes

Operasi bypass hanya bisa dilakukan setelah dokter benar benar menilai bahwa prosedur tersebut aman untuk dilakukan. Untuk mengetahuinya, anda perlu melakukan berbagai rangkaian test. Adapun beberapa tes yang harus dilakukan sebelum operasi bypass jantung adalah rontgen dada, tes urine, tes darah, dan lain sebagainya

Data dari berbagai tes itulah yang kemudian akan ditimbang dengan baik dan dievaluasi. Dokter akan memperkirakan bagaimana tahapan atau prosedur operasi bypass yang terbaik bagi pasiennya. Informasi tersebut juga penting agar dokter bisa mempersiapkan skenario terburuk yang mungkin terjadi selama operasi berlangsung.

  1. Berpuasa Selama 8 Jam

Aturan puasa sebelum operasi sejatinya bukan hanya perlu dilakukan oleh pasien yang hendak menjalani operasi bypass. Prosedur ini menjadi bagian dari operasi secara keseluruhan. Langkah tersebut diambil untuk mencegah isi lambung masuk ke dalam paru paru. Hal tersebut akan menyebabkan pasien beresiko mengalami infeksi serius.

Dari uraian tadi, terlihat bahwa puasa dilakukan bukan tanpa alasan. Semua itu demi keselamatan dan kelancaran prosedur yang hendak dilakukan. Apalagi kali ini operasinya cukup beresiko. Namun meskipun berpuasa, anda tetap harus terhidrasi. Oleh karena itu, anda masih diperbolehkan mengkonsumsi air putih seperti biasa.

Baca juga : https://mariafordigital.site123.me/the-blog/bagaimana-prosedur-melakukan-operasi-cabg 

  1. Menghentikan Penggunaan Obat Tertentu

Selain makanan dan minuman, orang yang hendak mendapatkan prosedur operasi bypass jantung harus menghindari beberapa jenis obat. Lantas informasi tentang obat apa yang harus dihindari tergantung dengan kondisi pasien itu masing masing. Hanya dokter yang bertugas lah yang bisa memberikan penjelasan.

Itulah beberapa hal yang masuk dalam tahapan persiapan sebelum melakukan bypass jantung. Anda perlu mengingat hal hal tersebut dengan baik. Namun tentunya, setiap dokter memiliki rekomendasi yang berbeda beda. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu terkait dengan hal ini, langsung pada dokter yang menangani anda.

 

Heartology merupakan salah satu pusat layanan RS jantung yang menyediakan layanan operasi by pass, temukan fasilitas lengkap hingga daftar dokter spesialis jantung di websitenya


mayafalla1

2 Blog posts

Comments
Sshails ruby
Elizabeth Savage Psychotherapy
Grand Traverse Nutrition, LLC
Enes Yilmazer
Nutrition Dynamix
Bekah Huston Skin Care
Monika Jacob
Danny Reese